Vatikan Turun Tangan, Terkait Penyelidikikan Dugaan Kasus Pedofilia di Gereja Spanyol

Vatikan Turun Tangan, Terkait Penyelidikikan Dugaan Kasus Pedofilia di Gereja Spanyol

PENYELIDIKAN dilakukan Vatikan menyusul adanya dugaan 251 kasus pedofilia di gereja Spanyol, yang dilakukan para anggota kependetaan dan sejumlah organisasi. Dalam tiga tahun terakhir, kasus tersebut sempat menjadi bahan investigasi kantor berita El Pais.

\"Gereja telah membuka penyelidikan di Spanyol terhadap 251 anggota kependetaan dan sejumlah organisasi awam yang dituduh melakukan pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur, yang mana telah diselidiki oleh surat kabar ini selama tiga tahun,\" tulis El Pais, dikutip dari AFP, Selasa (21/12).

Tuduhan dan kesaksian akan kasus yang terjadi sejak 1943 hingga 2018 dituliskan dalam sebuah laporan yang diberikan kepada paus, Kamis (2/12).

Kongregasi untuk Ajaran Iman Vatikan, yang bertanggung jawab untuk menyelidiki tuduhan tersebut, tidak dapat mengkonfirmasi pembukaan penyelidikan kepada AFP pada Minggu (19/12).

Sementara itu, Konferensi Episkopal Spanyol menegaskan kembali komitmen dan keinginan menginvestigasi segala kasus kekerasan. Badan tersebut menyatakan dukungan mereka kepada korban agar mau melaporkan kasus yang menimpanya.

Juru bicara Konferensi Episkopal Spanyol menyampaikan, sejak 2001, Vatikan menerima 220 laporan kasus pelecehan seksual.

Beberapa bulan lalu, komisi investigasi independen melaporkan setidaknya sekitar 3.200 pastor dan pejabat Gereja Katolik Prancis lainnya pedofil dan melakukan pelecehan seksual terhadap anak-anak sejak 1950.

Salah satu pegawai negeri sipil Prancis, Jean-Marc Sauve menyampaikan, komisi independen menemukan sekitar 2.900 dan 3.200 pendeta, pun anggota gereja lain merupakan pedofil.(rmol)

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: